Minggu, 30 Maret 2014

FOTO : Main Battle Tank (MBT) Merkava



Tank Tempur Utama atau Main Battle Tank (MBT) atau disebut juga tank tempur atau tank universal, adalah tank yang mengisi peran penembakan berat langsung (heavy direct fire) pada angkatan bersenjata modern. 

Merkava (kereta perang) adalah serangkaian tank tempur utama yang dikembangkan dan diproduksi di Israel untuk Pasukan Pertahanan Israel (IOS).

Dalam desain tangki Merkava semuanya subordinasi dalam hal kelangsungan hidup awak, motor ditempatkan di depan tangki dan dengan demikian berfungsi sebagai komponen tambahan perlindungan balistik, sedangkan awak pintu melarikan diri Merkava di bagian belakang tangki. Karena baju besi yang kuat dan mobilitas yang tinggi merupakan salah satu tank paling melingdungi di dunia. Tim desain yang mengembangkan versi pertama dari tank ini, dipimpin oleh Komandan Korps Lapis Baja Israel, Yisrael Tal.

Tank Tempur Utama (MBT) 65 ton Merkava 4 mulai diproduksi secara massal pada tahun 2001 dan mulai dioperasikan oleh Angkatan Pertahanan Israel (IDF) pada bulan Juli 2003. Batalyon pertama tank Merkava 4 Angkatan Pertahanan Israel terbentuk pertama kali pada tahun 2004.

Tank Merkava 4 berukuran lebih besar daripada Merkava 3 Baz, yang telah digunakan IDF (Israel Defence Force) sejak tahun 1990. Merkava 3 diekspor oleh SIBAT yang berbasis di Tel Aviv, namun tank Merkava 4 tidak untuk diekspor, tetapi beberapa sistem dan komponen tank tetap diekspor.

Tank ini dapat membawa 48 butir amunisi yang masing-masing disimpan dalam wadah pelindung. Jenis-jenis amunisinya antara lain APFSDS-T M711 (CL 3254), the HEAT-MP-T M325 (CL 3105) dan TPCSDS-T M324 (CL 3139) yang disuplai oleh Ammunition Group of Israel Military Industries. Meriam ini juga mampu menembakkan amunisi 120mm lainnya seperti milik Perancis, Jerman atau AS.

Tank ini juga dilengkapi dengan senapan mesin 7.62mm dan sistem internal operasi internal mortir 60mm yang dikembangkan oleh Soltam Ltd. Mortir dapat menembakkan bahan peledak dan mengiluminasi daerah di jarak 2,7km. Suite proteksi (perlindungan) mencakup identifikasi ancaman elektromagnetik dan sistem peringatan canggih.




Sumber dan Referensi Gambar :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar