Bila Korps Marinir TNI AL punya tank
legendaris PT-76,
maka kavaleri TNI AD punya padanannya, yakni tank ringan AMX-13. Keduanya
diboyong ke Tanah Air dalam periode yang sama, saat Indonesia tengah
menyongsong operasi Trikora di awal era 60-an. Seperti halnya PT-76, nasib
AMX-13 nyatanya tak lekang ditelan jaman, justru usia senja kedua ranpur terus
diperpanjang lewat retrofit dan modernisasi sistem senjata.
Lebih khusus tentang AMX-13, namanya
begitu familiar di lingkungan pemerhati alutsista. Pasalnya inilah tank utama
TNI AD hingga empat dekade, sebelum akhirnya TNI AD mendatangkan generasi tank
ringan Alvis Scorpion
dari Inggris pada 1995. Dengan kuantitas yang cukup besar, disebutkan ada 400-an unit
AMX-13 di lingkungan TNI AD dalam beragam versi (Wikipedia menyebut
TNI AD punya 275 AMX-13 versi kanon), membuat tank ini terus diupayakan untuk
operasional hingga 20 tahun kedepan. Meski beberapa unit sudah dipajang sebagai
monumen di beberapa kesatuan, tak menyurutkan TNI AD untuk memordenisasi tank
besutan Perancis ini.
Bicara soal retrofit di AMX-13, sudah dilakukan beberapa tahap oleh TNI AD. Seperti
pada tahun 1995, Direktorat Peralatan Bengkel Pusat Peralatan TNI-AD meretrofit
dengan pemasangan mesin Detroit Diesel DDA GM6V-53 T, 6 silinder 2 langkah turbocharged
dengan daya 290 BHP/2800 RPM dan Torsi 91,67 KGM/1600 RPM yang mampu
meningkatkan power weight ratio dan pemakaian bahan bakar lebih hemat.
AMX-13 retrofit tahun 1995 ini menggunakan transmisi otomatis ZF 5WG-180 dengan
5 percepatan maju dan 2 percepatan mundur, hal ini tentu lebih memudahkan
pengoperasian tank. Untuk suspensi mengadopsi tipe hydropnematic “Dunlostrut”,
meningkatkan kemampuan lintas medan dan mampu menambah kenyamanan awak tank.
Retrofit ini berlanjut tahun 2011, sekitar 50-an lebih AMX-13 mengalami retrofit
kembali di PT Pindad Bandung. Ini artinya masih lebih banyak AMX-13 TNI AD yang
belum di retrofit.
Standar AMX-13 menggunakan mesin SOFAM 8Gxb
yang memiliki 8 silinder dan berpendingin air dan berbahan bakar bensin, mampu
menyemburkan daya 270 bhp pada 3.200 rpm sehingga AMX-13 dapat mencapai
kecepatan maksimal 65km/jam. Konsumsi bensin inilah yang dipandang memberatkan
dalam sisi operasional.
Barulah pada awal 2014, prototipe AMX-13
retrofit berhasil dirampungkan dan sosoknya telah dipublikasikan. AMX-13 hasil
retofit terbaru ini memiliki tampang yang sedikit berbeda dengan aslinya. Untuk
hull misalnya, terpaksa ditambah panjang sekitar 20 cm untuk
mengakomodir mesin anyar. Mesinnya sendiri memakai produk Navistar dari Amerika
Serikat dengan daya sebesar 400HP.
Retrofit Sistem
Senjata, Bertahan di Kubah Osilasi
Tentu akan terasa ganji bila retrofit hanya dilakukan pada sisi mesin, sistem senjata nyatanya harus mendapat porsi yang sama. Ambil contoh PT-76 Marinir TNI AL, yang aslinya menggunakan meriam kaliber 76 mm, kemudian di upgrade dengan meriam Cockerill kaliber 90 mm. Nah, pada AMX-13 kasusnya agak beda. Kaliber maksimum pada meriam tidak ditingkatkan, jenis kubah pun masih sama, yakni dengan model osilasi. Hanya bedanya, sistem bidik pada meriam sudah diremajakan sesuai kebutuhan operasi.
Tentu akan terasa ganji bila retrofit hanya dilakukan pada sisi mesin, sistem senjata nyatanya harus mendapat porsi yang sama. Ambil contoh PT-76 Marinir TNI AL, yang aslinya menggunakan meriam kaliber 76 mm, kemudian di upgrade dengan meriam Cockerill kaliber 90 mm. Nah, pada AMX-13 kasusnya agak beda. Kaliber maksimum pada meriam tidak ditingkatkan, jenis kubah pun masih sama, yakni dengan model osilasi. Hanya bedanya, sistem bidik pada meriam sudah diremajakan sesuai kebutuhan operasi.
Sistem senjata pada kubah telah dicangkokkan
sistem kendali penembakan (FCS/Fire Control System) modern yang sudah
memasukkan input dari sistem Laser Range finder (LRF) untuk memastikan
jarak antara tank ke sasaran. Dikutip dari situs arc.web.id, disebutkan sistem
FCS yang digunakan bukanlah standar kubah FL-12 yaitu SOPTAC-18 buatan firma
Sopelem, tetapi merupakan FCS modern buatan salah satu negara Eropa Barat.
Bahkan untuk pengemudi pun disediakan sistem pengemudian berbasis LCD yang
menginkorporasikan kamera FLIR/Thermal untuk melancarkan navigasi pada kondisi gelap
malam.
Untuk amunisi mengadopsi jenis HE (high
explosive) buatan firma Hinterberger dan OCC105G1 yang merupakan amunisi
APFSDS (Armor Piercing Fin Stabilised Discarding Sabot) untuk menjebol
tank lawan. Berdasarkan data pabrikan, amunisi OCC105G1 mampu menembus lapisan
baja RHA setebal 250mm pada kemiringan 30o dari jarak 1.000m, atau kurang lebih
cukup untuk melalap ranpur/ tank medium dari segala sudut.
Kubah Osilasi
Bagi kami, hal yang unik dan menjadiciri pada AMX-13 adalah penggunaan kubah osilasi (oscillating turret) tipe FL (FL-10, FL-11, dan FL12) buatan Fives Babcock Cail. Dan kini AMX-13 menjadi satu-satunya tank operasional di dunia saat ini yang menggunakan sistem ini. Kubah osilasi tersebut sebenarnya amat sederhana, dimana ada dua bagian utama yang bekerja. Bagian pertama yaitu struktur pendukung, menempel ke cincin kubah sebagai pendukung dua trunnion yang menjepit laras meriam. Trunnion ini bisa dinaik-turunkan, didongakkan dan ditundukkan, sementara posisi dudukan meriamnya sendiri relatif tetap.
Bagi kami, hal yang unik dan menjadiciri pada AMX-13 adalah penggunaan kubah osilasi (oscillating turret) tipe FL (FL-10, FL-11, dan FL12) buatan Fives Babcock Cail. Dan kini AMX-13 menjadi satu-satunya tank operasional di dunia saat ini yang menggunakan sistem ini. Kubah osilasi tersebut sebenarnya amat sederhana, dimana ada dua bagian utama yang bekerja. Bagian pertama yaitu struktur pendukung, menempel ke cincin kubah sebagai pendukung dua trunnion yang menjepit laras meriam. Trunnion ini bisa dinaik-turunkan, didongakkan dan ditundukkan, sementara posisi dudukan meriamnya sendiri relatif tetap.
Sementara bagian kedua yaitu kubah diatasnya
menaungi meriam, sistem pengisi otomatis, perangkat pengendali tembakan, radio,
dan kursi untuk awak pengisi dan komandan. Kunggulan kubah osilasi ini adalah
desain yang sederhana, sehingga memudahkan sistem pengisi otomatis yang
ditanamkan di bagian belakang AMX-13. Dengan kubah osilasi, posisi dari pengisi
munisi otomatis selalu sejajar dengan lubang peluru (breech) pada kanon
AMX-13.
Revolver Dua Silinder Amunisi AMX-13 |
Silinder Amunisi |
Kelemahannya sudah jelas, sudut dongak dan
tunduk laras kanon menjadi sangat terbatas. Keunggulan lain sistem osilasi
membuat laras kanon tidak membutuhkan bukaan di depan kubah/ mantlet seperti
pada desain konvensional sehingga meminimalkan kemungkinan penetrasi munisi lawan
pada bagian yang lemah tersebut.
Sistem pengisi otomatis AMX-13 ditempatkan
pada bagian belakang kubah (bustle), yang terdiri dari dua silinder yang
masing-masing mampu menampung enam butir peluru. Tiap silinder diletakkan di
sisi jalur gerak breech ke arah belakang. Saat kanon menyalak dan bergerak ke
belakang, silinder magasen ini berputar, yang kemudian melepaskan sebutir
peluru yang kemudian meluncur ke pelat pengisi yang membawanya sejajar dengan
kamar peluru, lalu didorong kedalam. Saat ditembakkan, kelongsong peluru
dilontarkan melalui lubang bulat di belakang bustle. Dengan 12 peluru
terisi, AMX-13 dapat menembak secara terus-menerus, menjadi tank pendobrak yang
memiliki daya gempur luar biasa. Sayangnya, begitu amunisi di revolver munisi
habis, AMX-13 harus ditarik mundur karena pengisian pelurunya harus dilakukan
secara manual.
TNI AD mempunyai dua tipe AMX-13 versi kanon,
yaitu AMX-13 dengan meriam kaliber 105 mm dan AMX-13 dengan meriam kaliber 75
mm. AMX-13 dengan meriam 75 mm menggunakan kubah versi FL-11. Kubah ini
dikembangkan pada tahun 50-an, dan digunakan untuk misi di Afrika Utara. Selain
AMX-13, ranpur lain yang menggunakan kubah ini adalah Panhard EBR yang juga pernah digunakan oleh kavaleri TNI AD.
Sementara AMX-13 dengan meriam 105 mm menggunakan kubah versi FL-12, versi
kubah FL-12 inilah yang tetap dipertahankan dalam retrofit terkini AMX-13.
Tank Ideal Untuk
Postur Orang Asia
Karena batasan bobot yang dibuat untuk AMX-13, maka hal ini membawa konsekuensi pada mungilnya dimensi AMX-13. Akibatnya, awak AMX-13 tidak boleh memiliki tinggi badan lebih dari 180 cm, dan kompartemen tempur AMX-13 pun terasa sempit. Mengenai tinggi badan awak yang tak boleh lebih dari 180 cm tentu membawa angin segar bagi operator di Asia, maklum rata-rata memang tubuh orang Asia lebih kecil daripada postur orang Eropa.
Karena batasan bobot yang dibuat untuk AMX-13, maka hal ini membawa konsekuensi pada mungilnya dimensi AMX-13. Akibatnya, awak AMX-13 tidak boleh memiliki tinggi badan lebih dari 180 cm, dan kompartemen tempur AMX-13 pun terasa sempit. Mengenai tinggi badan awak yang tak boleh lebih dari 180 cm tentu membawa angin segar bagi operator di Asia, maklum rata-rata memang tubuh orang Asia lebih kecil daripada postur orang Eropa.
Begitu pun dengan pengemudi yang duduk
didalam hull ataupun komandan dan penembak, semuanya nyaris tak memiliki ruang
gerak yang memadai. Andalan untuk melihat keluar hanya ada pada 8 periskop
untuk komandan, atau teropong bidik L961 dengan pembesaran 1,5x-6x. Untuk juru
tembak tersedia teropong bidik L862 dengan pembesaran 7,5x. Kanon AMX-13
sendiri menggunakan kanon yang diadaptasi dari kanon PzKpfw V Panther, tank Jerman
dalam PD II.
Jika Panther menggunakan meriam L70, AMX-13
menggunakan meriam serupa dengan kaliber L61.5 (lebih pendek) dan amunisinya
menyatu dengan propelan. Untuk dekade 1950an, daya penetrasinya yang sedalam 70
mm pada inklinasi 60o pada jarak 1.000 meter dianggap masih cukup mumpuni untuk
melibas tank dan ranpur pada jaman tersebut. Senapan mesin koaksialnya
menggunakan senapan mesin Model 1913E kaliber 7,5 mm. Kanon AMX-13 dikendalikan
oleh sistem hidrolik untuk elevasi dan traversi, yang memiliki dua setelan
kecepatan dan dapat dikendalikan oleh komandan serta juru tembak. Total AMX-13
dapat membawa 36 butir peluru cadangan, 21 didalam kubah dan 15 di hull,
dipandang cukup untuk 3 kali pengisian ulang revolver kanon.
Sejarah Pengembangan
AMX-13 sejarahnya di kembangkan oleh pabrikan Atelier de Construction d’Issy-les-Moulineaux (AMX) di tahun 1946 selain untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata Prancis, pembuatan tank ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Prancis masih mampu mandiri membangun industri perang dalam negeri walaupun habis porak-poranda akibat dari perang dunia II. AMX-13 dibuat untuk linud agar mudah dipindahkan lewat udara, penunjukkan 13 sendiri awalnya menandakan bobot total tank yang mencapai 13 ton sehingga dinamakan AMX-13.
AMX-13 sejarahnya di kembangkan oleh pabrikan Atelier de Construction d’Issy-les-Moulineaux (AMX) di tahun 1946 selain untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata Prancis, pembuatan tank ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Prancis masih mampu mandiri membangun industri perang dalam negeri walaupun habis porak-poranda akibat dari perang dunia II. AMX-13 dibuat untuk linud agar mudah dipindahkan lewat udara, penunjukkan 13 sendiri awalnya menandakan bobot total tank yang mencapai 13 ton sehingga dinamakan AMX-13.
Karena pengembangan ini dibilang sangat
lancar dan mulus maka purwarupa pertama muncul pada tahun 1948 dan mulai
diproduksi masal mulai tahun 1951, walaupun pada akhirnya bobot tempur AMX-13
sendiri pada finalnya membengkak menjadi 14,5 ton. Karena merupakan tank ringan
yang berbobot 14 ton AMX-13 hanya memiliki ketebalan armour mencapai 10-40 mm
dan mampu menahan dari segala sisi pecahan peluru artileri dan peluru kaliber
12,7mm. (Bay/dikutip dari berbagai
sumber)
Spesifikasi AMX-13
Tipe : tank ringan
Produsen : Atelier de Construction d’Issy-les-Moulineaux
Berat tempur : 14.5 ton
Panjang : 6.35 meter
Lebar : 2.51 meter
Tinggi : 2.35 meter
Awak : 3 orang (komandan, penembak dan pengemudi)
Senjata Kanon : 75 mm / 90 mm / 105 mm – 75 mm dengan 32 amunisi.
Senapan mesin : kaliber 7,62 mm dengan 3600 peluru
Mesin : SOFAM Model 8Gxb 8-cyl. water-cooled petrol250 hp (190 kW) – kini sudah dilakukan upgrade dengan mesin diesel buatan Detroit.
Suspensi : torsi bar
Jarak tempuh : 400 km
Kecepatan : 60 km per jam
Tipe : tank ringan
Produsen : Atelier de Construction d’Issy-les-Moulineaux
Berat tempur : 14.5 ton
Panjang : 6.35 meter
Lebar : 2.51 meter
Tinggi : 2.35 meter
Awak : 3 orang (komandan, penembak dan pengemudi)
Senjata Kanon : 75 mm / 90 mm / 105 mm – 75 mm dengan 32 amunisi.
Senapan mesin : kaliber 7,62 mm dengan 3600 peluru
Mesin : SOFAM Model 8Gxb 8-cyl. water-cooled petrol250 hp (190 kW) – kini sudah dilakukan upgrade dengan mesin diesel buatan Detroit.
Suspensi : torsi bar
Jarak tempuh : 400 km
Kecepatan : 60 km per jam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar